Saturday, September 14, 2013

Rumah Qur'an

Bismillah. Assalamu'alaikum:)
hooooy apa kabar? baru hari ini dirumah nih. agak ansos setelah berpindah tempat tinggal:( gadeng, gaboleh sedih. seneng kok di Rumah Qur'an. sudah 5 hari. lalalala. dan secara keseluruhan saya bersyukur banget sudah diberi kesempatan. diberi keistimewaan dan menjadi salah seorang pilihan-Nya untuk menuntut Ilmu, menghafal Al-Qur'an di RQ. ya, semua ada hikmahnya. gaada yang sia-sia termasuk belajar yang kemarin.

oke, cerita dimulai.
Rencananya itu mau pindahan hari minggu malem,tapi karena ada dauroh pengajar yang sampe sore, sementara banyak barang yang belum dibeli, akhirnya diundur jadi senin malem. hari senin pagi masih ronin dari rumah, dan saya berfikir "mungkin ini terakhir kalinya berangkat ronin dari rumah....." haha lebay banget. iya, lebay emang. karena berat gitu pas mau ninggalin rumah. berangkat setelah shalat Isya dirumah. bawa koper, 1 tas pegangan, 1 tas gemblok, 1 meja belajar lipat, 2 kantung plastik yang isinya kebutuhan yang baru dibeli dan makanan. nyam~

Sampe di RQ, Alhamdulillah kondisinya lagi pada tilawah dan ngafalin Qur'an. dan, jengjengjeng.. ada Ka Rosma, kakak mentor di SMPN 41. seneng. ada temennya. kirain bakal sendirian gituuu. Ummi sepik-sepik sama mudzlifah (sejenis kepala RQ cabang pasar minggu) terus ditunjukkin sebuah kamar di atas, yang adem bingidh. dikasih sebuah lemari plastik dan beres-beres barang dibantu ketiga adik yang cantik-cantik. tiba saatnya mereka pulang. dan aku ditinggal. kata nida "yah, siapa yang ngajarin nida biologi lagi? yah kak silmy... sering-sering pulang yah." oke, hati saya teriris. sedih. tapi yaudah. cuma 20 menit juga sampe rumah wkwk.

setelah pada pulang, masuk kamar dan membereskan barang yang perlu dibereskan. dikasih bantal sama kak imeh. oiya saya satu kamar sama kak imeh dan kak pipeh. mereka berdua anak lipia dan sepertinya sudah sangat dekat. tiba-tiba saya ngerasa pengganggu mereka.*apaansih* mereka emang deket, tapi saya masih diajak ngobrol kok, sekali-sekali.

lanjut ya, disini berisi sekitar 28 orang dari belahan provinsi di Indonesia, ada yang dari Makassar, Tasik, Lampung dsb. logatnya juga macem-macem, ada yang manggil teteh, ada juga ana-anti. dan rata-rata, hampir 50% anggota RQ anak LIPIA (sebuah kampus yang bekurikulum Arab, terletak di depan Pejaten Village). sebagian lain kuliah di Al-Hikmah, ada yang di Unindra dan UMJ juga. sisanya takhosus, alias nganggur. rata-rata yang kuliah itu udah sekitar 19-21 umurnya, pada jago pisan bahasa arabnyah.. saya aja sampe bingung kalo mereka udah belajar, itu arab semua bukunya dan ngga ada harakatnya. Ya Allah itu bacaannya apaaah-__-

malam pertama disana, gabisa tidur. gatau memikirkan apa, tapi salah satunya karena gaada guling. itulah yang memanggil jiwa saya untuk pulang keesokan harinya untuk mengambil guling dirumah. *modusbangetyak* teruus jam setengah 4 dibangunin tahajjud, kak mifta, yang suaranya merduu sekali membangunkan kita, "Ukhti.. ukhti... ayo bangun.. kita tahajjud dulu.." berhubung anak baru, gamau cari masalah, langsung bangun dan wudhu, tapi ruang tengahnya masih sepi sekali. belum pada bangun. gapapalah ya, pahala kan ya nungguin sholat berjamaah~

paginya, ba'da subuh al-ma'tsuratan bareng-bareng dan yang pada kuliah bersiap untuk kuliah. dan saya, menikmati pagi dengan tilawah. subhanallah ga tidur pagi~ lumayan, satu juz. semangat! semangat! lima juz sehari bisa kok. usai tilawah, bantu-bantu yang masak di dapur. kebetulan yang pada masak itu adalah para takahsus, yang baru pada lulus sma dan belum kuliah. okesip banget. masih malu-malu sih, "anak baru yaa? namanya siapa?" tanya sesorang. "Silmy, kakak?" jawab saya. "Kok kakak sih? aku kan baru lulus.. kamu juga kan? nama aku ulfa." ujarnya sambil tertawa. belakangan, dia ternyata lebih sering dipanggil "ndut" daripada ulfa. lalu ada Farah, dia itu sepupunya shodiq. dan orangnya rame bangetz. suka ngomong "ngek" huehehe. teruus ada farida, anaknya kecil, tadinya aku fikir pendiem ternyata engga. suka freak juga, apalagi saat makanan di RQ ga sesuai selera, kita mencari makanan diluar *liatdompet* terus ada kakak lagi, namanya ka nisa, dia udah diterima di LIPIA tapi belum masuk, masuknya bulan Januari.

pagi itu, kita masaka sayur sop. hari ini giliran Farah yang masak. dia beli sayur sop sama telur balado. dan ternyata kami semua sama-sama ga biasa masak. alias baru belajar. hahaha. karena sayur sop adalah andalannya ummi dirumah, akhirnya dengan sedikit sok tahu, saya yang ngulek bumbu dan stay di depan kompor. asik-asik. sampe farida bilang "kayanya silmy udah biasa masak nih." pernyataan terkece yang pernah saya denger. yeeey. akhirnya kedua lauk itu jadi dengan seadanya, kata kakaknya sih..... enak. wkwk

terus NF, dan sempet mampir ke rumah, naro cucian kotor. payah banget, hari pertama gajadi nyuci. terus pas balik ke RQ, ternyata ba'da ashar ada tilawah jama'i gitu satu juz. lumayan buat nambahin supaya 5 juz. yang sangat saya nikmati adalah suasananya. disana, no time for no Qur'an. hampir setiap saat disana terdengar sayup-sayup suara Qur'an. subhanallah. apalagi sudah 4 orang yang hafidz disini, semoga cepet nyusul ya Allah. jadi dokter yang hafidzah. eh salah, jadi hafidzah yang dokter. yang bisa bermanfaat buat banyak orang:)

terus malam harinya, ada sejenis setoran tilawah gitu. saya beserta anak baru takhosus diajarkan oleh kak nadia. orangnya baik, logat-logat melayu-padang begituu. dan beliau hafidzah. orang pertama yang nawarin saya makan di pagi pertama di RQ. hihihi. jadi, bacaan tilawah kita di tartil gitu.. supaya saat menghafal, tajwidnya gaada yang salah. malam itu usai menyelesaikan 5 juz di jam 9 malam, saya belajar. belajar pelajaran SBMPTN, terasa benar waktu yang kita miliki sangat kurang jika dibandingkan urusan yang harus kita selesaikan. jadi, setiap malam, ga boleh nyia-nyiain waktu untuk belajar. harus tawadzun alias balance alias seimbang. GAMAU RONIN LAGI kan? makanya belajar. Istiqomah ya Allah.

hari kedua belajar nyuci, padahal cuma satu baju dan celana panjang. tapi pengen ngerasain aja... wkwk. sengaja gadibawa pulang walaupun bisa. kalo pulang melulu kapan mandirinya? azeek. tapi tetep, hari kedua abis NF, pulang. ummi masak ayam kecap. numpang makan dirumah terus baru balik ke RQ. ckck.
hari ketiga, again saya pulang lagi, berhubung abi sedang bertambah umur. jadi makan-makan diluar. okesip banget emang yak, di asrama tapi ga berasa kaya asrama. hari keempat baru gapulang. yeyeye berhasil!

disini, para takhosus (karena saya deketnya sama mereka) suka bercanda gila gitu, rata-rata dari bekasi, cakung, jauh. jadi ngerasa gatau diri kalo pulang melulu. tapi, kita suka ngumpul-ngumpul sambil diem-diem make hp. emang dasar nakal ya. abis ini gaboleh gitu lagi sil. fokus sama tujuan. sama target. gaada kesuksesan yang instan. tapi, meskipun nakal gituu, kami (mereka dan saya) punya tujuan yang sama. HAFIDZAH. aamiin ya Rabb. bahkan farah udah nargetin, sebelum nikah di umur 21, dia harus udah jadi hafidzah. kece ga tuh? nikah pake target? wkwk.

eh, udah maghrib. masih punya tanggungan tilawah 5 juz lagi. karena kemarin pas ustadz dateng, tenyata tilawah buat anak baru ditambah jadi 10 juz. okesip banget. bangetngetnget. itumah gaada waktu buat leha-leha lagi. yasudah. mungkin segini dulu aja ceritanya, next time saya bakal cerita tentang gimana di RQ lagi, semoga dengan bacaan tilawah yang semakin baik.

"Ikuti prosenya, kalian disini murni adalah PILIHAN Allah. ada banyak orang yang sudah telepon ke saya, tapi ternyata gabisa masuk di RQ. bersyukurlah. inilah cara Allah memuliakan kita. jangan berhenti mendekatkan diri dengan Qur'an." Ustadz Fadil -pendiri Rumah Qur'an

yang lagi pada kuliah, semangat yak. udah mulai masuk kelas nih ye, ngga cuma ospek aja. wahaha.
Allah the best planer!

Wassalamualaikum.wr.wb

silmy kaaffah









No comments:

Post a Comment