Monday, October 14, 2013

Dear 14'46

Assalamu’alaikum.wr.wb
Dear 14’46 Apa kabarmu hari ini? Peristiwa apa yang terjadi hari ini? Maybe we call it “SERTIJAB” alias Serah Terima Jabatan OSIS/MPK SMAN 14. Apa rasanya? Degup kencang jantung terdengarkah? Aku jadi teringat setahun yang lalu, akhir bulan Oktober 2012 aku merasakan hal yang sama, meski aku bukan termasuk orang-orang didepan yang menyerahkan jaket kepada adiknya. Begitupula  pada pertengahan bulan Oktober 2011. Aih waktu begitu cepat berjalan.
Kalimat yang sering terdengar adalah “Bersiaplah kalian akan amanah besar yang akan membuat kalian menyesal telah menerimanya.” Seingatku itu adalah perkataan Kak Mogibian Darmawan, mantan ketua OSIS periode 2010-2011. Ya, kalimat itu begitu membuat merinding siapapun kelas 11 yang selama setahun kedepan akan menjalankan amanah di 14.
Bayangkan saja, sepanjang tahun, dimulai hari ini hingga bulan Oktober 2014 kalian bertanggungjawab penuh atas apapun yang terjadi di 14. Baik itu dari segi akademiknya, organisasinya, acara-acara yang akan dilaksanakan, prestasi-prestasinya, kerohaniannya dan yang terpenting tentang “nilai-nilai” yang ada, yang selama ini melekat pada SMA kita tercinta ini.
Maka janganlah kalian menganggap amanah yang hari ini kalian terima adalah sebuah ketenaran semata, amanah yang membuat kalian terkenal dan bisa dibilang keren. Mungkin kalian sudah jauh lebih mengerti apa yang dimaksud amanah dengan didikan kakak kelas kalian. Maka belajarlah untuk merenung sebentar, apa sebenarnya tujuan kalian ketika mendapat amanah tersebut? Coba kalian telisik lebih dalam hati kalian, apa yang mau kalian lakukan setahun kedepan? Dan coba ukur diri kalian, apakah sudah pantas saya mendapat amanah ini? Jika merasa belum teruslah memperbaiki diri, teruslah berusaha untuk tak menyia-nyiakan apa yang telah kakak kelas kalian percayakan kepada kalian.
Dear 14’46 Jangan lalu kalian menganggap amanah adalah sesuatu yang sulit untuk dijalani. Karena sejatinya kalian tidak sendiri. Bukan hanya kalian yang berjaket hitam dan abu-abu saja yang turut bertanggungjawab, namun ratusan teman kalian yang lain aku yakin sangat bersedia membantu. Karena 14 milik siapa jika bukan milik kita bersama? Lihatlah struktur kepengurusan OSIS/MPK hari ini, tak hanya ada BPH 34 dan BPH 25 saja bukan? Namun jauh didalamnya ada berbagai macam bidang dengan anggota-anggota luar biasa.
Apakah sapu lidi bisa membersihkan kotoran jika ia hanya sendiri? Tentu tidak! Ia bisa bekerja bila bersama. Begitu juga dengan kalian adik-adikku. Maka lihatlah ke kanan dan kiri kalian, lihat atas dan bawah kalian, tatap wajah teman-teman kalian yang setahun kedepan akan menemani perjuangan kalian disini. Rangkullah tangan mereka, ajak mereka berlari, menyongsong hari agar 14 semakin baik dari hari ke hariJ sapa mereka setiap bertemu. Peluk mereka di kala susah dan senang. Karena namanya perjuangan tak selalu terasa manis, adakalanya kita merasa jenuh dan sesak menahan beban. Maka berbagilah, jangan pernah mau menanggung beban sendiri. Jangan biarkan teman kalian ada yang merasa punggungnya patah.
Lalu, kuatkan hatimu, siapapun kalian. Amanah apapun yang kalian terima hari ini maupun beberapa hari kedepan. Yakinkan hatimu jika amanah ini adalah jalan yang terbaik yang diberikan oleh-Nya agar kita semakin banyak belajar. Semakin banyak mengerti liku kehidupan yang hanya berjalan lurus saja. Percayalah bahwa dimanapun kalian ditempatkan, porsi kalian memang disana. Bergeraklah yang terbaik sebisa yang bisa kau lakukan. Bahkan hingga tubuh kalian tak sanggup lagi bergerak karena amanah ini. Ingatlah bahwa setiap amanah akan dimintai pertanggungjawabannya.
Sambut amanah ini dengan senyum yang mengembang dan keteguhan hati yang tulus dan ikhlas. Susun segala rencana kalian setahun kedepan. Buatlah visi misi terbaik untuk angkatan kalian. Dan jadilah contoh terbaik untuk adik-adik 14’46.
“Karena amanah tak pernah salah memilih..” maka bersyukurlah menjadi salah seorang terpilih didalamnya. “Karena amanah tak pernah sembarang memilih..” maka ingatlah setiap cerita indah yang akan kalian lalui bersama. Menatap langit malam bersama teman-teman karena pulang larut malam. Kebersamaan duduk untuk membicarakan suatu hal yang tiada akhirnya. Perbedaan pendapat yang menjadi bumbu-bumbu setiap rapat. Kepala yang cenat-cenut memikirkan proker yang belum selesai. Kebingungan kalian mengatur prioritas antara belajar dan organisasi. Juga berbagai hari yang seakan tak berjeda karena 14 selalu punya acara. Hingga nanti, saatnya di tahun depan, saat kalian akan memberikan kembali estafet amanah ini ke 14’46 kalian bisa tersenyum lega. Karena kalian bukan hanya belajar akademis di SMA, namun juga belajar kehidupan. Ya itulah manisnya masa SMA. Masa belajar dan bermain bersama.
Dear 14’46, selamat menempuh amanah baru. Selamat menjadi orang sibuk di hari-hari kedepan. Selamat bersenang-senang. Dan jangan lupa sertakan Ia dalam setiap langkah kita. Berdoalah untuk setiap kegiatan yang akan kita lakukan. Berdoa agar Ia memberkahinya.
Ingatlah setiap peluh yang menetes, akan selalu ada balasannya. Ingatlah kita bekerja bukan semata-mata untuk kesenangan belaka. Ingatlah bahwa kita bekerja untuk Allah. Untuk menjadi salah satu hamba yang bersyukur dengan mengamalkan apa yang kita ketahui, karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain “Khoirunnas anfa’uhum linnas.”
Selamat beristirahat adikku. Semoga bermanfaat untuk kalian. Salam sayang selalu tercurah untuk kalian.  
Wassalamu’alaikum.wr.wb

Jakarta, 14-Oktober-2013
Pukul 22:45

Silmy Kaaffah 14’44

3 comments:

  1. sepertinya yang menempuh amanah baru 14'46 sil, bukan 14'47.....

    ReplyDelete
  2. Iyaaa kak, gatau kemaren saya ngga ngeh gitu kalo salah. Terus jadi langsung di edit. Makasih diingetin kakkkk:)

    ReplyDelete
  3. Pesan yang Bagus ,,, Ko'a Rohis 14 pada pinter main kata-kata. cc Ko'a 2012

    ReplyDelete