Thursday, April 25, 2013

Abdan Syakuro


Assalamua'alaikum..
kenapa ya kalau ngeblog itu enaknya malem-malem? haha.
perkenalkan, yang diatas itu foto saya sama adek saya. namanya Abdan Syakuro. Umurnya baru 14 tahun lebih seminggu. baru aja minggu kemarin ulangtahun, tapi sendirian di pesantren. syedih ya, tahun depan aku juga bakalan begitu insyaAllah.
oiya, dia sekarang kelas 8 SMP di SMPIT Daarul Qur'an Mulia, Serpong, Tanggerang. dan disana itu boarding school, jadi para muridnya harus nginep disana, istilahnya "pesantren"-lah
Alhamdulillah, Subhanallah, adek saya yang satu ini hafalan Al-Qur'annya sudah mencapai 15 juz, lebih dari jumlah umurnya. Adek saya ini sosok yang luar biasa. Istilahnya ngga macem-macem, dia disana ya belajar, ngga ada istilah bandel dan ngelanggar aturan. padahal, di pesantren godaannya jauh lebih banyak bayangin aja, baru lulus SD, udah dipisahin sama orangtua kita, makan seadanya, tidur bareng orang asing, dan pekerjaannya tiap hari sekolah, pulang, menghafal Al-Qur'an, liqo, kadang main futsal sih, tapikan tetep aja. aku aja ngebayanginnya agak pusing. you're good boy dan.

kemaren baru baca buku hariannya dia, isinya penyesalah dia karena belum bisa bersikap baik sama temennya. subhanallah. isi hariannya dia "gimana caranya berbuat baik," bukan keluhan gimana di pesantren dsb. saya sayang banget sama dia. bersyukur dikaruniai adik laki-laki macem dia. dan nyatanya aku menemukan secara nyata bahwa hidayah Allah akan datang pada siapa saja asalkan dia mau menerimanya..
Sebelum masuk pesantren, Abdan ini anak yang sangat keras, disuruh belajar ngga pernah mau, kerjaannya main game di komputer, dari pagi sampai malem. kasar banget sama adeknya yang perempuan, kerjaannya marah-marah melulu, istilahnya "senggol bacok", dikerasin makin keras, dilembutin makin ngelunjak. sampe ummi sama abi bingung, mau diapain nih bocah, dan akhirnya dengan segenap hati mereka memutuskan supaya abdan dimasukin ke pesantren. Alhamdulillahnya Abdan mau. sampai akhirnya test, diterima dna cawlah ia ke pesantren. awal-awal masuk pesantren, dia nangis melulu kerjaannya, tiap ditengok meluk ummi kenceng banget, aku juga dipeluk sampe gabisa nafas, aku cuma senyum-senyum aja sambil ngeledekin "tumben mau meluk..." terus aku juga beberapa kali ngirim puisi dan hadiah kecil buat dia supaya dia survive disana. seiring berjalannya waktu, sempet nanya sama temen aku yang ada di DQ juga, "Abdan gimana disana?" dia jawab "Wah, adek ente mah rajin tahajjud.." seketika, hati ini terharu, bocah yang kalo dirumah suaranya cempreng dan egois banget bisa rajin tahajjud disana.
udah gitu, kalo main ke kamarnya dan buka lemarinya, rapi sekale, di pintunya dia bikin gantungan-gantungan buat alat tulis dari kardus gitu, kreatif banget kan? terus dia juga nempelin kata-kata motivasi dan surat dari aku dikumpulin terus ;') pas lagi jenguk, dia malah minta ajarin ipa sama matematik coba bukannya minta bawain video game atau apa. ngga ngerti lagi.
ternyata, kenapa dia bisa kaya gitu adalah
"Disini Abdan sendirian, abdan ngga tega sama abi yang udah banting tulang buat bayarin pesantren, Abdan mau sungguh-sungguh disini. Abdan mau jadi hafidz dan kuliah di luar negeri.."
entahlah, bagaimana Allah menyentuh hati yang keras itu menjadi amat lembut, yang menyayangi kakaknya, yang begitu khawatir saat aku jatuh dari motor, yang sampai berkali-kali nelpon bertanya "Kak, gimana UN-nya? Disini Abdan doain ka silmy terus.."
Ya Allah, aku menyayanginya sangat. jagalah ia ya Allah, mudahkanlah ia meraih apa yang ia cita-citakan, izinkan ia menjadi hafidz Al-Qur'an yang dapat bermanfaat bagi ummat ini.
malam ini, dia sedang tertidur.. aku berharap banyak padamu dan.
biar ka silmy doa dari jauh. biar abdan nggatau, biar semakin makbul. Aamiin ya Rabb.

"Sesunggunya orang-orag yg beriman adalah yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka bertambah kuatlah Imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal." (Qs. Ali Imran:2)

semangat jadi hafidz yang insyaAllah selalu istiqomah my little boy~
Wassalamualaikum..




No comments:

Post a Comment